Peresmian Jalan Penghubung Barru - Soppeng


Administrator | 20 Agustus 2021 | Bagikan

PUTR SULSEL - Kepala Dinas PUTR Sulsel, Rudy Djamaluddin mendampingi Plt Gubernur dalam acara peresmian jalan Ruas Takkalasi - Baenange - Lawo di Kabupaten Barru.  Pada peresmian, Andi Sudirman juga didampingi Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, Wakil Ketua DPRD Sulsel Muzayyin Arif, dan Bupati Barru Suardi Saleh. 

Adapun ruas jalan Takkalasi – Bainange – Lawo ini memiliki panjang ruas 38,7 km. Dimana ruas Barru sepanjang 19,9 km dan di Soppeng sepanjang 18,8 km. Pembangunan yang dilakukan Dinas PUTR Sulsel ini dilakukan secara bertahap. Dimulai tahun 2019, dengan pembukaan lahan sepanjang 6 km dengan anggaran Rp 1,7 miliar. Dilanjutkan di tahun 2020 dengan penanganan pengaspalan dan pelebaran konstruksi bahu beton sepanjang 2 km dan lebar 5,5 m dengan nilai Rp 11,5 miliar. Serta ditahun 2021 ini dilanjutkan pengerjaan berupa pengaspalan dan pelebaran konstruksi bahu beton sepanjang 5,7 km dan lebar 5,5 m dengan nilai Rp 24,9 miliar, dan pembangunan jembatan sepanjang 50 m dengan nilai Rp 6,5 miliar. Rencananya, Pemprov Sulsel kembali melanjutkan penanganan berupa pengaspalan di tahun 2022 dengan perkiraan nilai Rp 65 miliar untuk jalan sepanjang 10 km dan lebar 5,5 m.

Dengan hadirnya jalan ini, masyarakat tak hanya mendapatkan akses jalan yang mulus. Namun juga bisa mempersingkat jarak tempuh. Sebab kehadiran jalan ini memangkas jarak tempuh hingga 30 km sehingga dipastikan akan memudahkan akses masyarakat.

akses jalan yang baik akan berdampak pada peningkatan perekonomian serta memacu geliat pariwisata. Diharapkan, dengan mempermudah akses itu akan meningkatkan hasil pertanian, menggeliatkan pariwisata dan perekonomian masyarakat.